Keterampilan Berpidato - Pada kesempatan weekend yang indah dan
cerah ini, kami akan menuliskan tulisan singkat namun semoga saja
bermanfaat tentang pengaruh keterampilan berbahasa, khususnya menyimak,
membaca, dan menulis terahadap kemampuan berpidato para siswa.Memang,
kita seharusnya sadar bahwa berpidato memiliki hubungan erat dnegna cara
kita melatih keterampilan berbicara. Tentu saja, kegiatan berbicara ini
harus didukung dengan kegiatan lain, seperti menyimak, membaca, dan
juga menulis. Hubungan-hubungan tersebut harus kita pahami secara
menyeluruh, karena akan berdampak sangat positif terhadap kemampuan
berpidato kita nantinya.
Kegiatan berbicara tentu telah kita lakukan semenjak kita masih
anak-anak.Oleh karena itu, kegiatan berbicara dipengaruhi oleh cara kita
menangkap apa yang disampaikan oleh orang lain (baca : tahapan bahasa
pada anak-anak). Kegiatan meniru pembicaraan atau kata kata dari orang
lain kadang kita lakukan, misalnya saca mengutip ucapan dari orang tua
kita atau gaya bicaranya.
Kegiatan menyimak ini dilakukan dengan memperhatikan intonasi, jeda,
kosakata, dan pola kalimat yang diucapkan oleh orang lain sehingga kita
mengerti apa yang dibicarakan orang lain tanpa salah. Kegiatan menyimak
ini sangat membantu jika kita berlatih pidato, dapat berguan sebagai acuan untuk memberikan penjelasan atau gaya berpidato.
Selain menyimak, hubungan berbicara juga menyangkut dengan kegiatan
membaca. Apa yang anda sampaikan akan menjadi lebih berisi jika kamu
mempunyai berbagai sumber atau referensi bacaan. Semakin anda banyak
membaca, wawasanmu semakin luas sehingga isi pidatomu pun semangit bagus
dan berbobot.
Segala buku yang anda baca seharusnya dapat kamu susun atau kamu
tambahkan dalam pidatomu. Kegiatan ini tentunya akan lebih menarik.
Pidato yang anda sampaikan nanti akan lebih berisi dengan adanya beragam
informasi yang terselip di dalamnya. Dengan demikian kegiatan mambacamu
akan sangat berpengaruh pada gaya kamu menuturkan isi materi pidato.
Anda dapat mendukung pidatomu dengan informasi dari buku yang sesuai
dengan isi pidato nantinya.
Lebih lanjut, kegiatan berbicara juga memiliki hubungan yang sangat erat
dengan kegiatan menulis. Apa yang anda sampaikan saat berpidato
sebelumnya dapat kamu tuliskan. Tulisan berupa kerangka pidato tersebut
dapat menjadi acuan apa saja yang akan kamu kemukakan agar terarah dan
runut. Tulisan yang merupakan bahan pidato dapat berupa ide-ide ataupun
kata kata yang menggugah dan mampu menghasilkan pidato yang baik.
Akhirnya, segala kegiatan baik menyimak, membaca, dan menulis memiliki
pengaruh yang sangat positif terhadap kemampuan kita untuk berpidato
karena kegiatan / keterampilan tersebut memiliki daya tarik tersendiri
meningkatkan kemampuan berbicara kita saat berpidato.
Semoga dengan adanya teori tentang hubungan keterampilan berbahasa dan kemampuan berpidato, sahabat semua bisa semakin pandai dalam menulis pidato dan membuat naskah pidato.
Semoga dengan adanya teori tentang hubungan keterampilan berbahasa dan kemampuan berpidato, sahabat semua bisa semakin pandai dalam menulis pidato dan membuat naskah pidato.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar